Today's Headline

Besaran dan Turunan

Koordinat Cartesius

Google

AddToAny

Pengertian Akuntansi

Diposting oleh On 10:00


Pengendalian dan pengelolaan keuangan baik untuk anggaran keuangan pemerintah, organisasi, badan, atau perusahaan, bahkan untuk hal yang terkecil, yaitu aggaran keuangan rumah tangga sebuah keluarga pun memerlukan pengelolaan yang benar dengan menggunakan ilmu akuntansi.

Terdapat dua sudut pandang pengertian akuntansi. Pertama adalah dari sudut pandang proses kegiatannya, secara teoritis akuntansi adalah suatu proses pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, serta peringkasan data-data transaksi yang menghasilkan output berupa sajian informasi keuangan yang bermanfaat bagi para pihak-pihak yang berkepentingan.

Sedangkan pengertian akuntansi berdasarkan sudut pandang pengguna jasa akuntansi atau keuangan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan maksud atau tujuan menyediakan informasi dalam rangka meningkatkan efektifitas kinerja, serta bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan transaksi keuangan perusahaan.

Pada suatu perusahaan, akuntansi merupakan alat bagi perusahaan dalam mengukur kualitas kinerja perusahaan dalam menjalankan kegiatannya. Akuntansi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengolaan data-data transaksi yang nantinya akan menghasilkan suatu informasi keuangan dimana perusahaan dapat dinilai keefesienannya selama berjalannya kegiatan usaha.

Akuntansi juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur kemajuan perusahaan, yaitu dengan melihat baik buruknya siklus akuntansi yang digunakan perusahaan tersebut. Dengan demikian, pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan tersebut dapat dengan jelas mengetahui bagaimana kondisi perusahaan tersebut dalam segi ekonominya. Selain itu, bagi beberapa karyawan dan pihak-pihak yang terkait langsung dengan perusahaan pun, dapat menilai kondisi perusahaan guna mempertimbangkan kerjasama dengan perusahaan tersebut.

Selain itu, dalam proses produksi tentu saja perusahaan memiliki biaya pengeluaran untuk proses poroduksi atau untuk membeli bahan-bahan pokok, bahan mentah, atau barang setengah jadi untuk dijadikan bahan olahan produksinya. Oleh karena itu perusahaan memerlukan kejelasan mengenai seberapa banyak pengeluaran yang telah dikeluarkan oleh perusahaan dan seberapa besar penghasilan yang didapat oleh perusahaan, dari hasil proses produksi barang.

Pada setiap kegiatan perusahaan, manajemen memerlukan pengambilan keputusan untuk kemajuan perusahaan tersebut, dan juga harus mengambil keputusan yang harus diputuskan bersama dengan pihak-pihak yang berkepentingan. Maka dari itu akuntansi merupakan suatu alat dalam pengambilan keputusan perusahaan, dimana perusahaan dapat memutuskan suatu keputusan ekonomi dari hasil informasi akuntansi yang telah tersaji dengan rapi.

Istilah akuntansi lebih dikenal atau biasa disebut dengan bahasa bisnis. Hal ini dikarenakan akuntansi merupakan salah satu cara bagi perusahaan beserta pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaaan tersebut untuk mengambil suatu keputusan ekonomi atau yang berhubungan dengan anggaran keuangan.

Jadi, pentingnya akuntansi pada suatu organisasi, instansi, maupun perusahaan dikarenakan banyak pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan yaitu pihak internal dan eksternal perusahaan memerlukan adanya informasi yang akurat mengenai keadaan keuangan atau perekonomian perusahaan tersebut. Apabila kita menguasai bahasa bisnis tersebut, maka akan lebih mudah menginformasikannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan.

Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.raimondwell.com
DonasiDonasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah meninggalkan komentarnya