Today's Headline

Besaran dan Turunan

Koordinat Cartesius

Google

AddToAny

Garis dan Sudut

Diposting oleh On 20:12

Di dalam postingan ini kita akan sama-sama mencari tahu pengertian dari garis dan sudut. Salin itu kita juga akan bersama-sama mempelajari beragam hal yang berhubungan dengan garis dan sudut, mulai dari hubungan antara dua buah garis, jenis-jenis sudut, sifat-sifat sudut, serta satuan yang digunakan untuk sudut.

Garis
Dua Garis Sejajar apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang sampai tak berhingga.

Lambang sejajar (//)
Dua garis dikatakan sejajar jika dua garis tersebut terletak pada satu bidang/perpanjangannya tidak akan pernah berpotongan.

Sifat-sifat garis sejajar yaitu:
  • Melalui sebuah titik diluar garis, dapat dibuat tepat satu garis lain yang sejajar dengan garis tersebut.
  • Jika terdapat sebuah garis yang memotong salah satu dari dua garis yang sejajar, maka garis tersebut memotong garis kedua.
  • Jika sebuah garis sejajar dengan garis lainnya, maka kedua garis tersebut juga sejajar satu sama lain
Sifat-Sifat Garis Sejajar yaitu:
  1. Melalui satu titik di luar sebuah garis dapat ditarik tepat satu garis yang sejajar dengan garis itu.
  2. Jika sebuah garis memotong salah satu dari dua garis yang sejajar maka garis itu juga akan memotong garis yang kedua.
  3. Jika sebuah garis sejajar dengan dua garis lainnya maka kedua garis itu sejajar pula satu sama lain.
Dua Garis Berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong.

Dua Garis Berimpit apabila garis tersebut terletak pada satu garis lurus, sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja.

Dua Garis Bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

Sudut
Sudut adalah yang dibentuk oleh pertemuan antara dua buah sinar atau dua garis lurus. Sudut adalah daerah yang terbentuk dari suatu sinar yang diputar pada pangkal sinar. Sudut dinotasikan dengan "∠".
Garis dan Sudut
Untuk menyatakan besar suatu sudut digunakan satuan derajat (°), menit ('), dan detik ("), di mana:
  • Sudut yang besarnya 90° disebut sudut siku-siku.
  • Sudut yang besarnya 180° disebut sudut lurus.
  • Sudut yang besarnya antara 0° dan 90° disebut sudut lancip.
  • Sudut yang besarnya antara 90° dan 180° disebut sudut tumpul.
  • Sudut yang besarnya lebih dari 180° dan kurang dari 360° disebut sudut refleks.
  • Jumlah dua sudut yang saling berpelurus (bersuplemen) adalah 180°. Sudut yang satu merupakan pelurus dari sudut yang lain.
  • Jumlah dua sudut yang saling berpenyiku (berkomplemen) adalah 90°. Sudut yang satu merupakan penyiku dari sudut yang lain.
  • Jika dua garis berpotongan maka dua sudut yang letaknya saling membelakangi titik potongnya disebut dua sudut yang saling bertolak belakang. Dua sudut yang saling bertolak belakang adalah sama besar.

Kedudukan dua garis yaitu:
  • Dua garis atau lebih dikatakan sejajar apabila garis-garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang sampai tak berhingga.
  • Dua garis dikatakan saling berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong.
  • Dua garis dikatakan saling berimpit apabila garis tersebut terletak pada satu garis lurus, sehingga hanya terlihat satu garis lurus saja.
  • Dua garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.
Pasangan Sudut yang Saling Berpelurus (bersuplemen)
Garis dan Sudut
Jumlah dua sudut yang saling berpelurus (bersuplemen) adalah 180°. Sudut yang satu merupakan pelurus dari sudut yang lain.
Pasangan Sudut yang Saling Berpenyiku
Garis dan Sudut
Jumlah dua sudut yang saling berpenyiku (berkomplemen) adalah 90°. Sudut yang satu merupakan penyiku dari sudut yang lain.
Pasangan Sudut yang Saling Bertolak Belakang
Garis dan Sudut
Jika dua garis berpotongan maka dua sudut yang letaknya saling membelakangi titik potongnya disebut dua sudut yang bertolak belakang. Dua sudut yang saling bertolak belakang adalah sama besar
Sudut-Sudut Sehadap dan Bersebrangan
Garis dan Sudut
➢ Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain maka akan terbentuk empat pasang sudut sehadap yang besarnya sama.
➢ Jika dua buah garis dipotong oleh garis lain maka besar sudut-sudut luar berseberangan yang terbentuk adalah sama besar.
➢ Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, besar sudut-sudut dalam berseberangan yang terbentuk adalah sama besar.
➢ Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain maka jumlah sudut-sudut dalam sepihak adalah 180°.

Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.raimondwell.com
DonasiDonasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Terima Kasih telah meninggalkan komentarnya