Today's Headline

Besaran dan Turunan

Koordinat Cartesius

Google

AddToAny

Mengenal Adobe InDesign CS6

Diposting oleh On 01:37

Kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Adobe InDesign CS6. Salah satu softwere desktop publishing yang popular saat ini. Softwere yang satu ini sangat dikenal dikalangan pubisher karenan memberikan kemudahan dalam merancang atau mendesain produk-produk publishing. Fasilitas-fasilitas baru menjadi keunggulan yang semakin menyempurnakan performa softwere ini.


Baca Juga:

Didalam softwere ini terdapat banyak tool yang memberikan kita kemudahan dalam mendesain produk-produk publishing. Ada baiknya Anda mengenal lingkungan kerja softwere ini terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya agar Anda dapat bekerja dengan lebih mudah. Berikut ini tampilan lingkungan kerja softwere Adobe InDesign dan keterangan bagian-bagiannya. Dan dalam pertemuan kali ini saya akan mencontohkan tampilan pada Adobe Indesign CS6.
Adobe InDesign CS6

MENGENAL MENUBAR
Menubar pada program Adobe InDesign CS6 terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Object, Table, View, Windows, dan Help. Untuk menu Plug-Ins dan MT-Script CS6 merupakan menu plug-in tambahan untuk memberikan kemudahan dalam terutama dalam hal pengerjaan rumus. Akan tetapi, plug-in ini hanya bersifat trial dan untuk memiliki sepnuhnya Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli plug-in ini.

➤ File
Berisi fasilitas yang digunakan untuk membuat file baru, menyimpan file, membuka file, mengatur setting dokuman dan lain sebagainya.

➤ Edit
Berisi fasilitas yang digunakan untuk proses Undo dan Redo, Copy dan Paste, dan berbagai proses yang berkaitan dengan pengeditan object.

➤ Layout
Berisi fasilitas yang digunakan untuk melakukan pengaturan yang berkaitan dengan tat letak seperti Pages, Margins and Columns dan lainnya.

➤ Type
Berisi fasilitas yang digunakan untuk mengatur teks seperti jenis font, ukurannya dan beberapa proses pengolahan yang berhubungan dengan object teks.

➤ Object
Berisi fasilitas yang digunakan untuk mengatur object pada dokumen kerja seperti mengubah ukuran dan posisi object, menyeleksi object, memberi effect, mengatur path pada object dan beberapa proses pengolahan object lainnya.

➤ Table
Berisi fasilitas yang digunakan untuk membuat sebuah table dan melakukan pengaturan pada table tersebut.

➤ View
Berisi fasilitas yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen kerja serta menampilkan fasilitas bantuan pada dokumen kerja seperti Grid dan Ruller.

➤ Help
Berisi fasilitas yang digunakan referensi bagi Anda mengenai cara penggunaan fasilitas pada program Adobe InDesign CS6.

MENGENAL TOOLBAR
Toolbar adalah fasilitas yang digunakan untuk memberikan dukungan pengaturan ketika Anda mengaktifkan salah satu tool pada program. Tampilan toolbar ini sebagian akan berubah mengikuti tool yang saat itu sedang aktif.
Adobe InDesign CS6
Adobe InDesign CS6
Misalkan Anda mengaktifkan Type Tool maka secara default toolbar akan berubah menjadi kolom-kolom atau pengaturan yang memberikan dukungan pada tool tersebut seperti contoh berikut:

MENGENAL TOOLBOX
Toolbox merupakan tempat dimana beberapa tool berada, dengan tool-tool inilah proses kerja akan berlansung. Masing-masing tool mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda, tool-tool tersebut dikelompokan berdasarkan fungsinya yang memiliki kesamaan.
Adobe InDesign CS6
Pada beberapa tool terdapat tanda tearoof yang digunakan untuk menampilkan tool-tool yang tersembunyi, tekan agak lama pada tool yang memiliki tanda tearoof tersebut hingga akan nampak tool-tool lainnya.
Adobe InDesign CS6
MENGENAL PANEL
Panel merupakan kotak pengaturan pada program Adobe InDesign yang memiliki beberapa fungsi, diantaranya untuk mengatur object, memberi efek-efek pada object, dan memberikan fasilitas pendukung untuk Anda dalam mengolah object.
Adobe InDesign CS6
Ada beberapa panel yang dapat Anda gunakan dan tampilkan pada program, masing-masing panel tersebut memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri. Adapun cara untuk menampilkan panel-panel tersebut adalah melalui menu window.

Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.raimondwell.com
DonasiDonasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah meninggalkan komentarnya