Today's Headline

Besaran dan Turunan

Koordinat Cartesius

Google

AddToAny

Jenis Blog Gratis

Diposting oleh On 22:00

Istilah blog tentu sudah sering Anda dengar. Ya, perkembangan teknologi yang memaksa kita untuk bersinggungan dengan yang namanya internet menjadikan istilah blog semakin familiar di telinga. Bahkan, dapat dipastikan, banyak pula masyarakat di Indonesia yang sudah terjun dan bergelut dengan yang namanya blog. Namun, apa sebenarnya blog itu? Bagaimana cara kita untuk memiliki sebuah blog? Berawal dari pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang mendasari diterbitkannya buku ini.

Ada banyak platform blog gratisan yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog. Meski memiliki ebel-embel “gratisan”, namun jika dibangun dengan baik akan melahirkan sebuah blog yang layak dan terlihat profesional. Dari sekian banyak platform blog gratisan tersebut, buku ini akan menghadirkan tutorial atau cara pembuatan blog gratisan mulai dari tahap awal hingga dipublikasikan.
Blog atau WebBlog merupakan sebuah aplikasi web yang bentuknya menyerupai sebuah halaman tulisan di media cetak. Namun, dalam sebuah blog memungkinkan pembaca untuk melakukan interaksi dengan si pemilik melalui kolom komentar atau buku tamu yang tersedia. Dengan sebuah blog, seorang pemilik atau pengelola blog tersebut bisa dengan bebas memilih dan menentukan tema blog yang akan dipublikasikan. Lebih lanjut, pemilk blog pun bisa mengkhususkan siapa saja responden atau sasaran pengunjung yang bisa melihat blog yang dibuatnya.

Baca Juga:

Tanpa mengesampingkan hal lain yang mungkin ingin pembaca ketahui, alangkah lebih baik jika kita langsung saja membahas semua hal tentang blog yang dimaksud mulai dari jenis-jenisnya hingga cara pembuatannya. Pada pembahasan yang pertama, buku ini akan mengajak semua pembaca untuk mengenal beragam blog gratisan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah blog. Berikut adalah jenis-jenis platform blog yang banyak digunakan oleh para blogger lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

Jenis-Jenis Blog Gratisan
Pada pembahasan kali ini, buku ini akan mengetengahkan jenis-jenis platform gratisan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah halaman tulisan di internet. Semua orang bisa dan boleh membuat sebuah blog dari platform-platform gratis tersebut. Namun, agar pembahasannya lebih mudah dipahami, maka buku ini membatasi penjelasannya hanya pada 5 jenis platform. Berikut adalah detail pembahasan tentang jenis-jenis platform gratisan untuk membuat sebuah blog.

Blogger.com
Blogger merupakan sebuah blog gratisan tertua di dunia. Blog ini merupakan milik Google. Dengan hanya memiliki akun dari Google, maka semua orang bisa membuat blog dari Google ini dan mulai menjalani aktivitas blogging. Adapun alamat blog yang nantinya akan didapat seseorang yang mendaftar blogger adalah, namadomain.blogspot.com. Lantas, bagaimana cara membuat blog dengan platform blogger? Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuatnya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki platform blogger.
Kelebihan Blogger.com
  • Blogger tidak memerlukan hosting untuk menampung sekian banyaknya file gambar atau artikel yang di-upload lewat dashboard blogger. Anda juga tidak dipusingkan dengan hosting yang tidak kuat menampung visitor/pengunjung sekian banyaknya karena blogger memiliki unlimited hosting atau hosting yang tidak terbatas.
  • Kecepatan loading blogger sangatlah cepat. Ketika Anda membuka alamat blog yang sudah dibuat dan dirancang dengan default blogger, hanya dalam hitungan detik blog pun sudah terbuka dan bisa dinikmati tanpa kendala apa pun.
  • Blogger memiliki layanan FTP, sehingga Anda dapat mengatur alamat url blogger default (namadomain.blogspot.com) menjadi nama domain yang diinginkan (namadomain.com).
Kekurangan Blogger.com
  • Blogger tidak memiliki plugins yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan desain sesuai yang diinginkan.
  • Blogger menyediakan beberapa desain untuk template atau tampilan blog Anda. Namun, desain template blogger terbatas. Untuk mendapatkan desain yang unik dan sesuai dengan keinginan Anda harus membeli desain template tersendiri.
Wordpress.com
Wordpress merupakan sebuah aplikasi blog gratisan atau open source yang banyak digunakan sebagai blog engine. Platform Wordpress dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang kesemua data MySQL-nya tergolong software open source. Tak hanya digunakan sebagai sebuah blog, platform Wordpress juga bisa dimanfaatkan sebagai Content Management System (CMS), yakni sebuah software yang dapat digunakan untuk mempermudah pengelolaan sebuah website. Hal ini menjadi mungkin karena platform Wordpress memiliki kemampuan untuk disesuaikan dan dimodifikasi sesuai dengan yang diinginkan penggunanya.
Lantas, apa sajakah keuntungan dan kerugian yang dimiliki oleh platform Wordpress? Berikut adalah penjelasannya.

Kelebihan Wordpress.com
  • Alasan banyak blogger memilih Wordpress sebagai platform untuk aktivitas ngeblog cukuplah banyak. Berikut adalah beberapa di antaranya.
  • Platform Wordpress bisa dimiliki secara gratis. Anda yang ingin membuat website Wordpress hanya tinggal mendownloadnya langsung dari situs resminya (www.Wordpress.org) tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun, meskipun nantinya Anda akan menggunakan website tersebut untuk keperluan komersial.
  • Template atau desain tampilan yang dimiliki Wordpress sangat variatif. Selain itu, templatenya pun mudah dimodifikasi dan di-customize sesuai dengan yang diinginkan. Bahkan, jika memiliki pemahaman tentang HTML, Anda bisa membuat desain template sendiri.
  • Pengoperasian Wordpress sangatlah mudah sehingga sangat memungkinkan bagi pemula sekalipun untuk membuatnya.
  • Satu blog Wordpress bisa dibuat untuk banyak user, sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan blog komunitas. Semua user dalam blog berperan sebagai kontributor, sehingga bisa memasukkan postingannya masing-masing.
  • Wordpress memiliki banyak community support dan forum, sehingga Anda yang pemula bisa menimba pemahaman lebih lanjut mengenai Wordpress di komunitas atau forum tersebut.
  • Ada banyak plugin yang tersedia untuk diterapkan dalam Wordpress. Anda bisa menggunakan berbagai plugin tersebut untuk mempercantik dan memperindah tampilan Wordpress yang dimiliki.
Kekurangan Wordpress.com
  • Apa pun itu, yang namanya hasil penciptaan manusia tentu memiliki kekurangan, tidak terkecuali dengan Wordpress. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki Wordpress.
  • Pemilik blog berplatform Wordpress harus menaati semua aturan yang ditetapkan oleh Wordpress. Siapa pun yang melanggar aturan yang ditetapkan, maka Wordpress berhak melakukan penghentian, bahkan penghapusan atas akun Wordpress yang sudah dibuat.
  • Worpress memiliki batasan terkait peng-upload-an file. Hanya file dokumen tertentu saja yang bisa dimasukkan ke dalam Wordpress.
Tumblr.com
Tumblr merupakan platform blog gratisan lain yang bisa dimiliki oleh pecinta blogging. Konsep awal penciptaan platform ini adalah untuk mewujudkan slogan “The Easiest Way to Blog.” Hingga saat ini, platform Tumblr sudah berhasil menjadi salah satu platform blog gratisan yang cukup popular di kalangan pecinta blog. Sama dengan beberapa platform gratisan sebelumnya.

Kelebihan Tumblr.com
  • Seperti halnya blog gratisan lainnya, untuk membuat sebuah blog berplatform Tumblr.com, seseorang tidak perlu memiliki hosting atau domain pribadi. Semuanya sudah disediakan oleh pemilik Tumblr.com.
  • Pengoperasiannya cukup sederhana dan tidak terlalu banyak navigasi sehingga cenderung mudah untuk dipelajari. 
  • Memiliki menu reblog tanpa hak cipta, sehingga memungkinkan pengguna untuk memposting tulisan pemilik Tumblr lain yang disukainya di halaman Tumblr sendiri.
  • Bisa dihubungkan dengan mudah ke beragam sosial media lain seperti twitter aatau facebook. Dengan begitu, tumblr bisa dijadikan sebagai ajang untuk berbagi koleksi foto atau gambar.
Kekurangan Tumblr.com
  • Jika ingin menyisipkan foto atau gambar pada bagian artikel caranya cukup merepotkan.
  • Foto yang telah di posting ke dalam Tumblr juga tidak dapat diberi komentar oleh pengguna dan para pengguna Tumblr lainnya.
  • Pemasangan widget untuk mempercantik tampilan blog tumblr dirasakan sangat sulit, terutama bagi pemula yang tidak begitu paham dengan kode-kode HTML.
Blogdetik.com
Blogdetik.com merupakan platform blogging yang dimiliki oleh jaringan berita online terbesar di Indonesia, yaitu Detik.com. Blogdetik menggunakan engine Wordpress MU seperti Wordpress.com. Jadi, jika Anda terbiasa menggunakan Wordpress.com, akan lebih mudah untuk menggunakan Platform Blogdetik ini.
Kelebihan Blogdetik.com
  • Memiliki space 100 MB untuk menampung berbagai dokumen yang Anda posting.
  • Memiliki kecepatan akses dari Indonesia.
  • Blogdetik.com sudah terintegrasi dengan akun detik.com.
  • Jika hasil tulisan artikel kita bagus, akan menjadi HotBlog dan ditampilkan di homepage Blogdetik. 
  • Memiliki komunitas regional di setiap kota sehingga dapat menjadi ajang untuk berkumpul dengan sesama Blogger lainnya.
Kekurangan Blogdetik.com
  • Tidak dapat digunakan untuk iklan.
  • Tidak dapat memasukan javascript ke dalam widget.
  • Tidak dapat mengubah code CSS.
  • Terkadang CMS Wordpress-nya telat di-update.
Multiply.com
Terdapat beberapa perbedaan antara blog gratisan yang lain dengan blog berbasis platform Multiply.com. Pada Multiply.com terdapat penggabungan antara jejaring sosial dan blog. Dalam Multiply disediakan pula fasilitas simpan foto, video, dan banyak lagi yang lainnya. Kini Multiply mendukung akun yang berbayar yang membuat Anda bisa memasang iklan sendiri. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Multiply.com.

Kelebihan Multiply.com
  • Memiliki fitur yang terdiri atas blog, photo, review, kalendar, link, dan lain-lain.
  • Artikel posting dapat dipantau oleh user lain melalui inbox.
  • Dapat mengedit CSS (tampilan).
  • Memiliki form guestbook atau buku tamu bagi pengunjung yang masuk.
  • Dapat mengetahui user Multiply mana saja yang mengunjungi situs kita.
  • Dapat memberdayakan Multiply sebagai toko online.
Kekurangan Multiply.com
  • Hanya pengunjung yang melakukan login ke akun Multiply yang dapat memberikan komentar sehingga dirasakan kurang terbuka.
  • Memiliki proses loading yang cukup berat, karena menampilkan banyak gambar atau foto.
  • Selalu menampilkan iklan di situs kita dan tidak bisa dihapus.
  • Hanya memilki tampilan dua kolom dan tidak bisa ditambah.

Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.raimondwell.com
DonasiDonasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah meninggalkan komentarnya