Besaran dan Turunan

Koordinat Cartesius

Google

AddToAny

Membuat Website dengan Platform Blogger

Diposting oleh On 01:33

Langkah awal membangun atau Membuat Website dengan Platform Blogger tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan akun gmail yang sudah Anda miliki. Selanjutnya, ikuti langkah demi langkah mendaftar blog di platform blogger.


Langkah 1
Masuklah ke halaman http://www.blogger.com dan klik tombol Sign Up, jika Anda belum memiliki akun gmail. Jika sudah memiliki akun gmail, Anda bisa langsung sign in. Setelah sign in, Anda akan bawa ke halaman blogger yang berbahasa English. Silakan Anda ubah ke bahasa yang Anda pahami, misal bahasa Indonesia. Caranya tinggal klik menu language, lalu gulirkan ke pilihan Bahasa Indonesia.

Baca Juga:

Lalu, Anda akan dibawa ke halaman dashboard Blogger. Pada halaman itu, Anda bisa langsung membuat blog pertama dengan cara menekan tombol “new blog” dan beri nama blog Anda dengan cara mengisi kolom judul blog dan alamat blog sesuai dengan yang Anda inginkan. Cek ketersediaan pada alamat blog menunjukkan apakah alamat tersebut telah digunakan oleh orang lain atau belum. Jika nama yang Anda masukan tidak tersedia, maka pilihlah alamat lain yang masih menggambarkan isi blog Anda. Setelah itu, klik create blog. Berikut adalah gambar bagaimana cara pemberian nama blog Anda dilakukan.

Membuat Website dengan Platform Blogger

Pada tahap ini, blog Anda sudah jadi. Sekarang tinggal mendesain tampilannya agar semakin indah dengan cara mencari template yang sesuai dengan tema Anda.

Langkah 2
Pada tahap ini Anda akan di perkenalkan menu-menu dan kegunaannya mulai dari membuat posting, google adSense, memasang template dan menambah domain khusus dimana Anda tidak memerlukan hosting dan cukup hanya membeli domain sehingga website/blog Anda sudah terlihat profesional.

Membuat Website dengan Platform Blogger

➧ Postingan
Pada menu postingan ini Anda bisa memulai sebuah postingan baru pada website/blog Anda, seperti terlihat pada gambar di atas. Di halaman ini Anda juga bisa mengedit postingan, membagikan postingan dan menghapus postingan. Lihat gambar dibawah ini!

Membuat Website dengan Platform Blogger

Untuk membuat postingan Anda cukup meng klik "Entri Baru" dan Anda akan lansung di bawa ke halaman penulisan, seperti contoh dibawah ini:

Membuat Website dengan Platform Blogger

Pada halaman penulisan Anda bisa berimajinasi sesuai selera Anda. Kita bisa menambahkan kode script agar memperindah postingan Anda.

Pada sisi sebelah kanan Anda ada beberapa menu untuk menunjang postingan Anda yaitu:
  • Label, berguna untuk memberikan kategori pada postingan Anda
  • Jadwal, berguna untuk mengatur waktu, tanggal posting
  • Link, digunakan apabila Anda ingin memakai link khusus untuk postingan yang Anda bikin
  • Lokasi, untuk menandakan lokasi yang Anda inginkan
  • Deskription Penelusuran, diisi dengan deskripsi postingan Anda 
  • Pilihan, berisi pilihan komentar pembaca, html dan tag
Setelah semua selesai Anda bisa pratinjau dulu dengan meng klik menu "Pratinjau" untuk melihat hasil kerja keras Anda dalam membuat postingan, dan setelah dirasa cukup Anda bisa lansung mempublikasikannya dengan meng klik tombol "Publikasikan".

Pada tahap ini satu postingan sudah selesai dan tinggal Anda berkreasi menambahkan postingan Anda sebanyak mungkin tapi dengan catatan harap jangan copy paste website/blog orang tanpa menyertakan sumbernya.

➧ Statistik
Pada halaman statistik berisikan para pengunjung website/blog Anda. Mulai dari hari, minggu, bulan dan tahun semua terlihat berapa orang yang mengunjungi website/blog Anda

Membuat Website dengan Platform Blogger

➧ Komentar
Setiap ada yang mengomentari postingan Anda akan terlihat disini, Anda bisa untuk menghapus sekira isinya tidak begitu bagus dan Anda bisa juga dijadikan sebagai bahan masukan untuk kedepannya.

Membuat Website dengan Platform Blogger

➧ Penghasilan (AdSense)
Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blogger dengan mendaftarkan website/blog Anda ke Google AdSense, tapi sebelumnya website/blog Anda harus memenuhi semua kriteria agar di terima google AdSense.

Baca Juga:

Google AdSense akan menempatkan iklan pada blog Anda dan setiap orang yang melihat blog Anda dan mengklik iklan tersebut Anda akan mendapatkan komisi dari Google AdSense.

Membuat Website dengan Platform Blogger

Jadi buatlah isi posting sebagus dan serapi mungkin mungkin dan sangat di anjurkan agar tidak copypaste, dengan demikian website/blog Anda akan cepat diterima waktu pendaftaran di Google AdSense.

➧ Kampanye
Jika Anda ingin mempromosikan postingan/website Anda dengan cara instan google menawarkan jasa pengiklanan. Cukup dengan mendaftar di Google AdWords dan mengisi saldo pembayaran pada akun membernya dan iklan Anda akan ditayangkan.

Membuat Website dengan Platform Blogger

➧ Laman
Disini Anda bisa membuat halaman website/blog seperti About us, Contact, Privacy Policy, Disclaimer, bila ingin mengajukan Google AdSense

Membuat Website dengan Platform Blogger

➧ Tata Letak
Pada tata letak Anda bisa mengatur tampilan dasar halaman utama, menambahkan berbagai macam Gatget, menyisipkan iklan, menampilakan kategori, menambah menu utama dan segala macam.

Membuat Website dengan Platform Blogger

➧ Thema
Jika Anda imgin mengganti tampilan website/blog Anda pada halaman ini lah pengerjaannya. Anda bisa mengedit script dan mengupload template pilihan Anda baik yang Premium (berbayar) atau yang grtisan.

Membuat Website dengan Platform Blogger

➧ Setelan
Pada menu ini berisikan banyak menu pilihan yang memiliki fungsi tersendiri, dimana kita bisa menambahkan domain berbayar/premium, mengatur https, goole search agar terindex mesin pencari google.

Membuat Website dengan Platform Blogger

Langkah 3
Selesai, Anda bisa membagikan hasil postingan Anda ke media sosial agar banyak yang melihatnya

-- Selamat Belajar --
www.raimondwell.com

Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.raimondwell.com
DonasiDonasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah meninggalkan komentarnya