Today's Headline

Besaran dan Turunan

Koordinat Cartesius

Google

AddToAny

Jantung

Diposting oleh On 20:09

Jantung adalah suatu organ dalam yang berongga dan terletak dipusat dada. Jantung mempuanyai dua bagian yaitu bagian kanan dan bagian kiri. Setiap bagian jantung mempunyai ruang atas yang bernama atrium yang fungsinya untuk mengumpulkan darah dan ruang di bagian bawah bernama ventrikel yang fungsinya adalah mengeluarkan darah. Pada jalan masuk, ventrikel mempunyai satu katup dan pada jalan keluar juga mempunyai satu katup, sehingga darah hanya bisa mengalir pada satu arah.



Atrium (Serambi)
Terdapat dua atrium pada jantung, yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium adalah dua ruas teratas dari empat ruas utama pada jantung. Fungsi atrium kiri adalah adalah menerima darah dari paru-paru yang kaya oksigen dan membawanya ke ventrikel kiri. Sedangkan, fungsi atrium kanan adalah menerima darah dari seluruh tubuh yang kaya akan karbon dioksida kemudian membawanya ke ventrikel kanan.

Baca Juga:

Ventrikel (Bilik)
Ventrikel atau biasa disebut bilik adalah dua ruas di bagian bawah jantung. Ada dua macam ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) dan ventrikel kanan (bilik kanan). Fungsi ventrikel kiri adalah menerima darah dari atrium kiri dan membawanya ke seluruh tubuh. Fungsi ventrikel kanan adalah menerima darah dari atrium kanan dan membawanya ke paru-paru.

Aorta
Aorta adalah arteri terbesar dalam tubuh manusia. Aorta terletak di bagian atas jantung. Fungsi aorta adalah untuk membawa darah yang mengandung oksigen dari ventrikel kiri ke seluruh tubuh.

Baca Juga:

Arteri Pulmonalis
Arteri pulmonalis adalah arteri yang mengangkut darah dari jantung ke paru-paru. Fungsi arteri pulmonalis adalah untuk mengganti karbon dioksida dan uap air yang ada dalam darah dengan oksigen.

Katup Aorta
Katup aorta adalah katup yang memisahkan antara aorta dengan ventrikel kiri . Katup dapat terbuka dan tertutup disebabkan perubahan tekanan darah pada kedua sisi katup. Fungsi katup aorta adalah untuk mencegah darah mengalir ke arah yang salah

Vena Kava Inferior ( Bagian bawah)
Vena kava inferior atau vena cava inferior adalah vena terbesar dalam tubuh manusia. Fungsi vena kava inferior adalah membawah darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan jantung.

Vena Kava Superior (Bagian atas)
Vena kava superior adalah vena besar dalam tubuh. Terletak di bagian atas jantung. Fungsi vena kava superior adalah untuk membawa kembali darah yang kaya karbon dioksida dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung.

Baca Juga:

Vena pulmonalis
Vena pulmonalis adalah vena yang membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke jantung, tepatnya di atrium kiri. Ukurannya lebih kecil dari vena cava. Vena pulmonalis terdiri dari vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri. Fungsi vena pulmonalis adalah untuk membawa darah kaya oksigen kembali ke jantung untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

Katup Trikuspidalis
Katup trikuspidalis adalah katup yang terdiri dari dari tiga daun katup. Katup ini dapat terbuka jika sistole berkontraksi dan dapat menutup kembali. Fungsi katup trikuspid adalah, untuk memisahkan atrium kanan dan ventrikel kanan dan membantu mengalirkan darah yang memiliki sedikit oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.

Katup Mitral
Katup mitral atau bicuspid adalah katup yang memisahkan atrium kiri dan ventrikel kiri. Katup ini dapat terbuka ketika darah yang kaya oksigen di atrium kiri akan mengalir ke ventrikel kiri. Fungsi katup mitral adalah,, untuk mencegah darah yang telah berada di ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

Otot Papiler
Fungsi otot papiler adalah, untuk melindungi katup mitral dan katup trikuspid pada saat berfungsi. Yaitu dengan menjaga atau mencegah kondisi kebocoran darah kembali ke atrium dari ventrikel.

Selain bagian-bagian yang terdapat dalam gambar di atas, berikut ini adalah beberapa bagian lain jantung manusia, yaitu Katup Atrioventrikular dan Dinding jantung.
  • Katup Atrioventrikular, yaitu katup yang terletak di antara atrium dan ventrikel. Fungsi katup atrioventrikular adalah untuk membuat darah hanya dapat mengalir dari atrium ke ventrikel.
  • Dinding Jantung, yaitu bagian terluar yang melapisi jantung. Dinding jantung memiliki fungsi membuat jantung berdetak dan mencegah supaya jantung tidak bocor. 
Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu :
  • Endokardium (terdalam), terdiri dari epitel pipih selapis.
  • Miokardium (bagian tengah), terdiri dari otot jantung.
  • Epikardium (terluar). Epikardium adalah sebuah membran fibrosa

Anatomi jantung Manusia dibagi atas beberapa bagian ditaranya :
➧ Anatomi Bagian Luar Jantung
Anatomi jantung bagian luar terdiri dari 2 jenis pompa, yaitu atrium dan ventrikel. Masing-masing dibagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian kiri dan bagian kanan, sehingga jantung manusia memiliki 4 bagian ruang. Pada bagian luar, ventrikel berada dibawah atrium dan berukuran lebih besar dari atrium, kedua unit ini dipisah oleh arteri koroner kanan dan arteri sirkumflek yang terdapat pada koronarius. Jantung juga dibungkus oleh jaring-jaring ikat yang tipis yang disebut pericardium atau dinding jantung bagian luar, serta bagian tengah jantung dan bagian dalam jantung juga dibungkus dengan jaringan yang sama yang disebut miokardium dan endiokardium.

➧ Anatomi Bagian Dalam Jantung
Bagian dalam jantung juga didominasi oleh atrium dan ventrikel, dimana atrium kiri dan atrium kanan serta ventrikal kiri dan ventrikal kanan memiliki septum interatial yang membatasi Atrium dua bagian atrium kiri dan atrium kanan. Ventrikel juga memiliki pembatas yang disebut dengan Interverkuler. Interverkuler membatasi ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Septum Interatial dan Interverkuler hanya berfungsi sebagai pembatas agar darah dari ventrium kiri dan ventrium kanan, serta atrium kiri dan atrium kanan tidak saling tercampur.

➧ Perdarahan Jantung
Perdarahan otot jantung berasal dari 2 pembuluh koroner utama yang keluar dari sinus valsava aorta. Pembuluh koroner pertama adalah ateri koroner kiri atau disebut juga Left Main Coronary Artery (LMCA) yang berjalan di belakan arteri pulmonal sepanjang 2 cm, yang kemudian menjadi Left Circumflex Artery (LCA).

Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.raimondwell.com
DonasiDonasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah meninggalkan komentarnya