Besaran dan Turunan

Koordinat Cartesius

Google

AddToAny

Prinsip Umum Arsitektur Organisme Manusia

Diposting oleh On 19:18

Dikenal tiga prinsip umum arsitektur organisme manusia:

  1. Prinsip polaritas - Polaritas terutama terlihat dari kontras fungsional dan formal antara kepala (predominan bentuk bulat) dan ekstremitas (elemen-elemen rangka yang tersusun radial). Dalam perkembangan filogenetik tubuh manusia yang berposisi tegak, polaritas juga berkembang untuk ekstremitas; Ekstremitas bawah menjadi tumpuan berjalan sementara ekstremitas atas tidak diperlukan lagi untuk berjalan, sehingga organ ini dapat digunakan untuk menunjukkan sikap badan dan melaksanakan aktivitas manual serta aktivitas seni.
  2. Prinsip segmentasi - Prinsip ini sangat mencolok pada batang badan. Struktur anatomi (verbrate, serta iga, otot, dan saraf yang berpasangan) tersusun secara segmental dan berulang terus dengan cara serupa.
  3. Prinsip simetri bilateral - Kedua sisi badan dipisahkan oleh bidang midsagital dan satu sama lain serupa, seperti benda bayangan cerminnya.

Ada juga beberapa prinsip lain dalam arsitektur dan fungsi organ dalam. Tengkorak berisi otak dan berbagai organ sensorik. Organ-organ tersebut tersusun seperti benda dan bayangan cermin dan meru pakan dasar bagi kesadaran kita.
Prinsip Umum Arsitektur Organisme Manusia - Raimond Well
Toraks berisi organ sistem ritmik (jantung,paru), yang hanya sedikit terorganisasi secara bilateral. Kesadaran (perasaan,dll). terletak ditengah-tengahnya. Di dalam rongga abdomen, organ abdomen yang sangat penting (saluran usus, hati, pankreas) tersusun tidak berpasangan. Fungsi-fungsinya masih berada di bawah sadar.

Baca Juga:
Letak organ dalam manusia - Raimond Well
Keterangan gambar:
  1. Otak
  2. Paru, Pulmo
  3. Diaphragma
  4. Jantung, Cor
  5. Hati, Hepar
  6. Lambung, Gaster
  7. Colon
  8. Usus kecil, Intestinum tenue
  9. Testis

Letak organ dalam manusia - Raimond Well
Keterangan gambar:
  1. Diaphragma
  2. Ginjal, Ren
  3. Colon
  4. Usus kecil, Intestinum tenue
  5. Ureter
  6. Canalis analis

Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.raimondwell.com
DonasiDonasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih telah meninggalkan komentarnya